Lompat ke isi utama
x
Greenmetric UI menuju "Sustainable Green Campus" Tim Greenmetric PPLH-SDA Unsyiah

Webinar ke-5 Tim Greenmetric Unsyiah menuju "Sustainable Green Campus"

Pembentukan UI GreenMetric sejak tahun 2010 ditunjukan untuk membuat survei online yang bertujuan melihat program serta kebijakan terkini mengenai kampus hijau dan usaha untuk menjaga berkelanjutan lingkungan hidup di setiap universitas seluruh dunia. Pada tahun 2018 peserta meningkat menjadi 719 universitas dari 81 negara di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan bahwa UI GreenMetric semakin dikenal sebagai pemeringkatan universitas dunia yang pertama dan satu-satunya dalam hal universitas berkelanjutan. 

Saat ini terdapat 29 negara dengan sebaran di Amerika, Eropa, Afrika dan Asia yang telah memiliki koordinator nasional.

“UI GreenMetric World University Rankings Network (UIGWURN) didirikan pada tahun 2017 untuk menjadi platform berbagi dan mendorong lebih banyak universitas untuk menempatkan agenda keberlanjutan sebagai salah satu prioritas mereka”

Indikator UI GreenMetric

 

  • Penataan dan Infrastuktur, Bertujuan untuk mengajak universitas yang berpartisipasi agar menyediakan lebih banyak ruang untuk penghijauan dan menjaga lingkungan, serta pengembangan energi berkelanjutan. 
  • Energi dan Perubahan Iklim, Universitas diharapkan untuk meningkatkan upaya efisiensi energi pada bangunan dan agar lebih peduli mengenai sumber daya alam dan energi. 
  • Limbah, Beberapa program dan pengolahan limbah harus menjadi perhatian universitas, yaitu program daur ulang, daur ulang limbah 
  • Air, Bertujuan agar universitas dapat mengurangi penggunaan air, meningkatkan program konservasi, dan melindungi habitat. 
  • Transportasi, Mengajak universitas yang berpartisipasi agar menerapkan kebijakan transportasi untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor di Universitas, penggunaan bus kampus dan sepeda akan mendorong lingkungan yang lebih sehat. 
  • Pendidikan dan Penelitian Perluasan, kriteria ini didasarkan pada pemikiran bahwa universitas memiliki peran penting dalam menciptakan perhatian generasi baru dengan keberlanjutan.

 

Unsyiah mulai mengikuti serta berkecimpung pada kegiatan ini sejak tahun 2015 namun baru terdaftar secara resmi menjadi anggota tetap pada tahun 2019. Diharapkan dengan komitmen kita yang tinggi dalam menerapkan indikator yang sudah ditetapkan oleh UIGM maka secara berkesinambungan Unsyiah akan mencapai ”Suistanable Green Campus”. Komitmen dalam melaksanakan berbagai macam aspek penilaian dari UIGM itu tentunya harus diterapkan mulai dari perencanaan kegiatan menyeluruh di kampus Unsyiah. Tim Greenmetric PPLH Unsyiah juga sadar bahwa untuk mencapai seluruh indiktor yang ditetapkan oleh UI GreenMetric membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat kampus Unsyiah. Maka dari itu kami mengajak seluruh civitas academica Unsyiah agar dapat turut andil membantu mewujudkan kampus Unsyiah yang suistanable, oleh karena itu kami mengajak kolega untuk dapat mengikuti Webinar Seri 5 PPLH dengan tema “Suistanable Green Campus Apa dan Bagaimana Kiatnya” dengan narasumber Expert Member UIGM Junaidi, MA, Muhammad Rusdi, PhD, KSDL Unsyiah, dan Dr. Rini Safitri, M.Si mewakili anggota greenmetric Unsyiah. Kegiatan Webinar ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 24 Oktober 2020 dari jam 09.00 WIB – 11.30 WIB. Dengan peran serta dukungan dari bapak dan ibu diharapkan kita dapat berlari mengejar segala ketertinggalan kita dalam mencapai indikator-indikator GMUI.